Mata Pelajaran : Matematika (Wajib A)
Kelas : XI
Program : TKR, TGB, dan TITL
Semester : Gazal
Tahun Pelajaran : 2014 - 2015
|
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
|
|
Kompetensi Dasar
|
Jumlah Jam
Pelajaran
|
Ket.
|
SEMESTER 1 (SATU)
|
|||
3.1
|
Mendeskripsikan konsep sistem persamaan
dan
pertidaksamaan
linier dua variabel dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
program linear.
|
4 JP
|
PROGRAM LINEAR
|
3.2
|
Menerapkan prosedur yang sesuai untuk
menyelesaikan
masalah program
linear terkait
masalah nyata dan menganalisis kebenaran
langkah-langkahnya.
|
4 JP
|
|
3.3
|
Menganalisis bagaimana menilai validitas argumentasi logis yang digunakan dalam
matematika yang sudah dipelajari terkait
pemecahan masalah
program linier
|
4 JP
|
|
4.1
|
Merancang dan mengajukan
masalah nyata
berupa masalah program linear, dan
menerapkan berbagai konsep dan
aturan penyelesaian
sistem pertidaksamaan linier
dan menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik yang ditetapkan
|
||
3.4
|
Mendeskripsikan dan
menganalisis konsep
dasar operasi matriks dan sifat-sifat
operasi matriks serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah
|
4 JP
|
MATRIKS
|
4.2
|
Memadu berbagai konsep
dan aturan operasi matriks dan menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata
dengan memanfaatkan
nilai determinan atau
invers
matriks
dalam pemecahannya
|
4 JP
|
|
3.5
|
Mendeskripsikan
konsep fungsi
dan menerapkan
operasi aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan
pembagian) pada fungsi
|
4 JP
|
FUNGSI KOMPOSISI
DAN FUNGSI INVERS
|
3.6
|
Menganalisis konsep
dan sifat
suatu fungsi dan melakukan manipulasi aljabar dalam menentukan
invers fungsi
dan fungsi invers.
|
||
3.7
|
Mendeskripsikan dan
menganalisis sifat
suatu fungsi sebagai
hasil operasi dua atau lebih fungsi yang lain
|
||
3.8
|
Mendeskripsikan konsep
komposisi fungsi dengan
menggunakan konteks sehari-hari dan menerapkannya
|
4 JP
|
|
4.3
|
Mengolah data
masalah nyata dengan menerapkan aturan
operasi dua fungsi atau lebih dan menafsirkan
nilai variabel yang digunakan untuk memecahkan
masalah
|
||
4.4
|
Memilih strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata terkait fungsi invers dan invers
fungsi
|
4 JP
|
|
4.5
|
Menrancang dan mengajukan
masalah dunia nyata yang berkaitan dengan komposisi fungsi dan
menerapkan berbagai aturan
dalam menyelesaikannya
|
||
3.9
|
Mendeskripsikan konsep
barisan tak hingga sebagai fungsi dengan
daerah asal himpunan bilangan asli
|
8 JP
|
BARISAN DAN
DERET TAK HINGGA
|
4.6
|
Menerapkan konsep
barisan
dan deret tak hingga dalam penyelesaian masalah
sederhana
|
4 JP
|
|
3.10
|
Menganalisis sifat
dua garis sejajar dan saling tegak lurus serta menerapkannya dalam
menyelesaikan masalah
|
4 JP
|
HUBNGN. ANTAR GARIS
|
4.7
|
Menganalisis kurva-kurva yang melalui beberapa titik untuk
menyimpulkan berupa garis lurus, garis-garis sejajar, atau garis-garis tegak
lurus
|
8 JP
|
|
3.11
|
Mendeskripsikan dan
menganalisis aturan
sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam menentukan luas daerah segitiga
|
4 JP
|
RUMUS- RUMUS SEGITIGA
|
4.8
|
Merancang dan mengajukan
masalah nyata terkait luas segitiga
dan menerapkan aturan
sinus dan
kosinus untuk menyelesaikannya
|
8 JP
|
|
Jumlah Jam Pertemuan
|
68 JP
|
|
|
|
|
|
|
SEMESTER II (DUA)
|
|||
3.12
|
Mendeskripsikan dan
menggunakan
berbagai ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran
data
sesuai dengan
karakteristik
data melalui aturan
dan rumus serta menafsirkan dan
mengomunikasikannya
|
4 JP
|
STATISTIKA
|
3.13
|
Mendeskripsikan
dan menerapkan
berbagai aturan pencacahan
melalui
beberapa contoh nyata serta
menyajikan
alur perumusan aturan
pencacahan (perkalian, permutasi
dankombinasi) melalui diagram atau cara lainnya
|
4 JP
|
|
3.14
|
Menerapkan berbagai konsep dan prinsip permutasi dan kombinasi dalam pemecahan
masalah nyata
|
4 JP
|
|
3.15
|
Mendeskripsikan konsep ruang
sampel dan menentukan peluang suatu kejadian
dalam suatu percobaan
|
2 JP
|
ATURAN
PENCACAHAN
|
3.17
|
Mendeskripsikan konsep peluang dan
harapan suatu
kejadian dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
2 JP
|
|
4.10
|
Memilih dan menggunakan
aturan pencacahan
yang sesuai dalam pemecahan masalah
nyata serta memberikan
alasannya
|
2 JP
|
|
4.11
|
Mengidentifikasi masalah nyata dan menerapkan
aturan perkalian,
permutasi, dan kombinasi
dalam pemecahan masalah
tersebut
|
2 JP
|
|
4.12
|
Mengidentifikasi, menyajikan
model matematika dan menentukan
peluang dan
harapan suatu
kejadian dari masalah
kontektual
|
4 JP
|
|
3.18
|
Mendeskripsikan konsep persamaan lingkaran
dan
menganalisis sifat
garis singgung lingkaran dengan menggunakan
metode koordinat
|
2 JP
|
LINGKARAN
|
3.19
|
Mendeskripsikan
konsep dan kurva lingkaran dengan
titik pusat tertentu dan menurunkan persamaan umumlingkaran
dengan metodekoordinat
|
2 JP
|
|
4.13
|
Mengolah informasi
dari suatu masalah nyata,
mengidentifikasi sebuah titik
sebagai pusat lingkaran yang melalui suatu titik tertentu,
membuat model matematika berupa persamaan lingkaran
dan menyelesaikan
masalah tersebut
|
4 JP
|
|
4.14
|
Merancang dan mengajukan masalah
nyata
terkait garis singgung lingkaran
serta menyelesaikannya dengan
melakukan manipulasi aljabar
dan menerapkan
berbagai konsep lingkaran
|
4 JP
|
|
3.20
|
Menganalisis sifat-sifat transformasi geometri
(translasi, refleksi, dilatasi, dan
rotasi) dengan pendekatan
koordinat dan menerapkannya dalam
menyelesaikan
masalah.
|
4 JP
|
TRANSFORMASI
|
3.21
|
Menyajikan objek kontestual,
menganalisis informasiterkait sipat-sipat objek dan menerapkan aturan
transformasi geometri
(translasi, refleksi, dilatasi, dan
rotasi) dalam
memecahkan masalah
|
4 JP
|
|
3.22
|
Menurunkan
aturan dan sifat turunan
fungsi aljabar
dari aturan dan sifat limit fungsi.
|
2 JP
|
TURUNAN
|
3.25
|
Menerapkan
konsep dansifat turunan
fungsi untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen,
dan garis normal.
|
4 JP
|
|
3.27
|
Menganalisis bentuk
model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep
dan sifat turunan
fungsi dalam memecahkan
masalah maximum dan minimum.
|
2 JP
|
|
4.17
|
Memilih strategi yang efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang fungsi
naik dan
fungsi turun.
|
4 JP
|
|
3.28
|
Mendeskripsikan konsep integral
tak
tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi.
|
4 JP
|
INTEGRAL
|
3.29
|
Menurunkan aturan
dan sifat integral
tak
tentu dari aturan dan
sifat turunan
fungsi.
|
4 JP
|
|
4.20
|
Memilih strategi yang efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah
nyata tentang integral
tak tentu dari fungsi
aljabar.
|
4 JP
|
|
Jumlah Jam Pertemuan
|
68 JP
|
|
Pinrang,
04 Agustus 2013
Mengetahui
Wakasek Kurikulum Guru Mata Pelajaran,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar